Madrasah Diniyah

A. Visi dan Misi Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang

1. Visi
Pencerahan Ilmu, Amaliah, dan Ilmiah berbekal Imtaq dan Iptek.
2. Misi
Membentuk pola pikir kritis, kreatuf, inovatif, dan berakhlaqul karimah dalam lingkungan Islami yang kondusif;
Mengembangkan kedalaman spiritual, keagungan akhlak, dan kekuatan intelektual;
Menumbuhkembangkan sikap disiplin dan bertanggungjawab dalam bermasyarakat.

B. Tujuan Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang
Tujuan didirikanya Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang ini adalah menciptakan kondisi agar para santri memiliki kemntapan Aqidah dan kedalaman Spiritual, keagungan Akhlak dan moral, keluasan ilmu pengetahuan (kekokohan intelektual)

C. Sasaran Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang
Berdasarkan pada tujuan diatas, maka sasaranya adalah Masyarakat sekitar Pondok Pesantren Modern Surya Buana dan Para Siswa-siswi SD, MTs dan SMA Surya Buana Malang.

D. Fungsi Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang
Fungsi Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang adalah Wahana Pembinaan masyarakat Muslim khususnya generasi Muslim dalam bidang pengembangan ilmu keagamaan dan kebahasaan serta peningkatan dan pelestarian tradisi spiritualitas keagamaan.

E. Program Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang
Berdasarkan pada tujuan Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang, maka program Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang yang dilaksanakan adalah :
1. Kajian-kajian kitab Islam salaf dan Khalaf terutama yang banyak terkait dengan kurikulum Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang seperti :
a. Al-quran dan Hadits.
b. Fiqh, Nahwu dan Shorof
c. Aqidah Akhlaq
d. Tarikh Islam
2. Pembentukan lingkungan bahasa Arab dan Inggris secara intensif dan kreatif.
3. Diskusi-diskusi permasalahan kemasyarakatan dan keagamaan.
4. Pengkondisian pertumbuhan tradisi Islami yang dinamik dan produktif serta inovatif.
5. Bimbingan dan pendampingan belajar.

Adapun bentuk kegiatan dari pelaksanaan program Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang adalah sebagai berikut:
No
Program Kerja
Rencana Kerja
Time Schedule
1
Penempatan kelas madin (penyesuaian kemampuan santri)
Seleksi Penempatan Kelas Madin


2
Memperkenalkan santri baru dengan lingkungan Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang dan serangkaian kegiatan sehari-hari
MOS (Masa Orientasi Santri)

Awal ajaran baru
3
Merayakan hari besar Islam
Kegiatan PHBI dikemas berbagai kegiatan

Setiap PHBI
4
Evaluasi kemampuan siswa dalam pembelajaran diniyah
UAM,Ujian Akhir Madrasah Diniyah

Di ahir tahun pembelajaran
5
Meningkatkan hafalan kata mutiara bahasa arab (mahfudhot)
Evaluasi hafalan 15 Kata Mutiara Bahasa Arab

Dilakukan setiap ahir semester
6
Meningkatkan hafalan santri minimal juz 30
Evaluasi Tahfidzul Quran Juz 30, Target tahun pertama

Setiap hari
7
Kontroling kegiatan ibadah sehari-hari santri
Evaluasi Amaliyah Yaumiyah

1 bulan sekali
8
Memberikan pemahaman mata pelajaran madin
KBM Belajar Madin

Setiap hari senin-jumat
9
Pendampingan Belajar

Segenap ustad/ustadzah mendampingi belajar santri
Setiap hari
10
Melatih santri/santriwati berpidato
muhadhoroh

Seminggu sekali
11
Bilingual
Pendampingan bahasa arab dan inggris

Seminggu 4 kali bakda maghrib


F. Manajemen Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang
Agar tujuan dalam pengelolaan Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan, maka semua cita-cita tersebut harus dikelola dengan baik dan terencana sesuai dengan bidangnya :
1. Pengasuh
Dra. Hj. Sri Istuti Mamik, M.Ag.
2. Penasehat
Drs. H. Abdul Djalil Zuhri, M.Ag dan DR. Subanji.
3. Koordinator Kegiatan dan dewan Asaatidz/ah
Secara umum kegiatan dalam Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang akan dikoordinir dan masuk dalam kegiatan Madrasah Diniyah Takmiliyah. Adapun susunan kepengurusan adalah sebagai berikut :
Kepala : Ahmad Zain Fuad, M.Pd.
Sekretaris : Ariatus Shoffia Itsnatasari
Bendahara 1 : Lusi Hendarwati,S.Pd.
Bendahara 2 : Syahrul Munir,S.Hi
Bidang Bidang :
Akademik
1. Salman Saqif,S.Pd. ( Co)
2. Moh. Subthi Buchori,M.Pd.
3. Sri Wahyuningsih,S.S
4. Fifin Endriana,S.Pd.

Bilingual dan tahfidz
1. Moh. Barqus Salam,S.Pd. (Co)
2. M. Hasan Igo
3. Sri Wahyuningsih,S.S
4. Dini Kurniasari,S.Pd.
Kesantrian
1. M. Hasan Igo (Co)
2. Dita
3. Dra. Nurliani
4. Qonita Burhima

H. Kurikulum
Kurikulum yang diterapkan dalam kegiatan keseharian di PPM Surya Buana Malang ini disesuaikan dengan Visi Misi. Agar pelaksanaan kurikulum ini terlaksana dengan sebaik mungkin, maka pelaksanaannya disesuaikan dengan kemampuan santri yang dibagi dalam tiga jenjang, yaitu Takmiliyah Awaliyah dan Wustha. Semua ini disesuaikan dalam kelas Madrasah Diniyah.

Adapun struktur program untuk setiap jenis jenjang tersebut diatas adalah sebagai berikut:

Kurikulum Diniyah Takmiliyah Awaliyah Surya Buana Malang
NO.
BIDANG STUDI
JENJANG KELAS
DINIYAH TAKMIIYAH AWALIYAH
DINIYAH TAKMILIYAH WUSTHA
I
II
III
IV
I
II
1.
Quran - Hadits
a. Quran
b. Hadits
4
4
8
8
8
8

2
2
2
2
4
4
4
4
4
4
4
4
2.
Aqidah-Akhlak
4
4
2
2
2
2
3.
Fiqh - Ibadah
4
4
2
2
2
2
4.
Tarikh Islam
1
1
1
1
1
1
5.
Bahasa Arab
3
3
3
3
3
3
6.
Praktek Ibadah
2
2
2
2
2
2
Jumlah
18
18
18
18
18
18
Dalam pelaksanaan kurikulum tersebut dilaksanakan pada jam 16.45 17.30 dan ditindak lanjuti secara amaliyah setiap harinya dengan didampingi oleh para ustadz dan ustadzahnya selama di kamar dan di lingkungan Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang. Adapun kompetensi lulusan yang akan dimiliki oleh para santri dalam dalam pelaksanaan kurikulum tersebut adalah sebagai berikut :
Takmiliyah Awaliyah dan Wustha:
1) Memiliki sikap sebagai seorang muslim yang bertaqwa dan berakhlak mulia;
2) Memiliki sikap sebagai warga negara yang baik;
3) Memiliki kepribadian yang baik, percaya pada diri sendiri, sehat jasmani dan rohani;
4) Memiliki pengalaman, pengetahuan, keterampilan beribadah dan sikap terpuji yang berguna bagi pengembangan diri dan masyarakat.
5) Memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas hidupnya di masyarakat dan berbakti kepada Allah SWT guna mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.
Kompetensi lulusan yang diharapkan tersebut dibagi dalam tiga bidang, yaitu:
1) Kompetensi lulusan dalam bidang pengetahuan ialah agar santri :
a. Memiliki pengetahuan dasar tentang Islam;
b. Memiliki pengetahuan dasar tentang Bahasa Arab sebagai alat untuk memahami ajaran agama Islam;
2) Kompetensi lulusan dalam bidang pengalaman, ialah agar santri :
a. Dapat mengamalkan ajaran agama Islam
b. Dapat belajar dengan cara baik;
c. Dapat bekerjasama dan dapat mengambil bagian dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.
d. Dapat menggunakan Bahasa Arab dan dapat membaca dan memahami kitab berbahasa arab;
e. Dapat memecahkan masalah berdasarkan pengalaman dan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan yang dikuasai berdasarkan ajaran agama Islam.
3) Kompetensi lulusan dalam bidang nilai dan sikap, ialah agar santri :
a. Cinta terhadap agama Islam dan bertekad untuk melakukan ibadah shalat dan ibadah lainya;
b. Berminat dan bersikap positif terhadap ilmu pengetahuan;
c. Mematuhi disiplin dan peraturan yang berlaku;
d. Menghargai kebudayaan nasional dan kebudayaan lain yang tidak bertentangan dengan agama Islam;
e. Memiliki sikap demokratis dan mencintai sesama manusia dan lingkungan sekitarnya;
f. Menghargai waktu, hemat dan produktif.

Kegiatan Proses Belajar Mengajar dan Pendampingan Santri
1. Kegiatan Pembelajaran
Proses kegiatan pembelajaran di Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang Pesantrean Modern Surya Buana Malang dibagi dalam dua kegiatan, Yaitu: intrakurikuler dan ekstra kurikuler. Kedua kegiatan ini dikelola dalam keseluruhan proses belajar mengajar baik dalam kelas Madrasah Diniyah maupun di luar Madrasah Diniyah (kamar dan lingkungan dalam Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang).
a. Kegiatan intrakurikuler
Kegiatan intrakurikuler adalah kegiatan belajar mengajar dalam kelas Madrasah Diniyah Takmiliyah maupun di luar Madrasah Diniyah (kamar dan lingkungan dalam Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang) yang penjatah waktunya telah ditentukan dalam program. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mencapai tujuan minimal, baik pada masing-masing mata pelajaran maupun sub mata pelajaran.pada prinsipnya, kegiatan intrakurikuler merupakan kegiatan tatap muka antara santri dengan ustadz dan ustadzahnya. Dalam pelaksanaanya, bentuk kegiatan intrakurikuler adalah sebagai berikut:
a) Belajar klasikal
Belajar klasikal ditujukan untuk memberikan informasi atau pengantar dalam proses belajar mengajar di kelas Madrasah Diniyah dan nantinya akan langsung dipraktekan dalam kehidupan sehari hari di dalam Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang dengan bimbingan dewan Asaatidz dan Asaatidzah.
b) Belajar Kelompok
Belajar kelompok terutama ditujukan untuk mengembangkan ketrampilan dan meningkatkan prestasi santri dalam mempelajari dan mengembangkan materi baik di Madrasah Diniyah maupun sekolah formal (MTs dan SMA), dalam hal ini para santri akan di bimbing dan didampingi oleh para Ustadz dan ustadzah dalam proses pembelajaran tersebut.
c) Belajar perorangan
Belajar perorangan terutama ditujukan pada para santri yang membutuhkan bimbingan khusus dan untuk menampung kegiatan perbaikan dan pengayaan.

b. Kegiatan Ekstrakurikuler
Kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan diluar jam Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang, yang dilakukan di dalam atau diluar Madin Takmiliyah Awaliyah  Surya Buana Malang dengan tujuan memperluas pengetahuan santri, dalam hal ini semua kegiatan santri di koordinir dalam organisai kesantrian, yakni OSIM. Hal ini dimaksudkan untuk mengembangkan dan menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya membina para santri agar mencapai dan menjadi manusia seutuhnya. Kegiatan ini dilakukan secara berkala dalam waktu-waktu tertentu.

No comments:

Post a Comment

Blogroll

Popular Posts

Labels

Recent Posts